Iblogmarket

IBX5829728F3DB23

Seperti 17san Tiap Hari


Masa kecil adalah masa yang indah, dimana kita dapat belajar hal hal yang belum di ketahui, hidup tanpa beban, bisa tertawa lepas dan bisa menangis dimanapun berada.

Dunia anak anak tak lepas dari yang namanya permainan karna pada usia itu anak anak lebih merespon suatu permainan (mungkin itu sebabnya di adakan TK), berbicara tentang permainan, sudah jarang kita jumpai anak anak yang bermain diluar rumah, apalagi dikomplek perumahan dikota kota besar, yang dimana rata rata anak memilih bermain di dalam rumah secara individual dengan beberapa alasan yang mereka coba ungkapkan

o Dilarang ibunya bermain keluar hanya boleh bermain didalam rumah
o Teman temannya bandel.
o Malas keluar karna lebih asyik bermain dirumah dengan fasilitas yang telah tersedia.
Faktor faktor diatas dapat menghambat perkembangan sosial bila dilakukan terus menerus dan dapat mengakibatkan anak sulit bersosialisai seprti mudah tersinggung atau menyendiri.

Kembali lagi pada topik kita yaitu bermain, bermain adalah hal yang mengasyikan apalagi memanikan permainan tradisional, coba kita perhatikan belakangan ini sudah jarang ditemukan anak anak memainkan permainan tradisional, 

Permainan permainan tradisional hanya bisa kita jumpai ketika 17Agustus-an saja itupun satu tahun sekali. Padahal sangat mengasyikan melakukan permainan ini, nama permainan itu diantara lain :
  1. Asinan/gerobak sodor (cara mainya buatlah garis dan tiap garis dijaga oleh satu orang, tugas kelompok lain bagai mana menerobos masuk ke dalam garis pertahanan lawan kemudian kembali lagi ketempat asal, dengan syarat semua anggota tidak boleh sampai tersentuh kelompok yang sedang jaga).
  2. Kepala haruan/patok lele (terdiri dari 2batang kayu/ranting, kira kira batang pertama panjangnya 40cm, batang kedua panjangnya 20cm, cara mainnya buat lobang dengan panjang 24cm dengan kedalaman 5/6cm tergantung besar dan panjang batang kayu ke dua, kemudian bentangkan secara mendatar batang tersebut di tengah lobang dan batang yang panjang berfungsi untuk mencungkit batang yang pendek itu hingga melayang ATAU masukan separoh batang 20cm ke dalam lobang kemudian batang yang panjang digunakan untuk memukul ujung batang yang masih timbul kebawah hingga batang kecilnya terangkat dan pukul batang yang terangakt itu kedepan agar teman teman bisa menangkapnya dan berusaha memasukan batang ke lubang dengan satu lemparan).
  3. Logok (terdiri dari kayu dengan panjang 40cm sebagai campak atau pemukul dan logo sebagai yang dipukul bisa dari paralon, tempurung kelapa dan dari badrun(sejenis biji), tugas tiap orang menjatukan beberapa logok yang telah dipasang sejajar dihadapannya dengan satu pukulan tiap logo yang terpasang).
  4. Lompat tali ( dari karet getah yang sambung sambung hingga panjang, cara main sesuai selera bisa diputer puter dengan dua anak di tiap ujungnya dan anak yang lain berusaha masuk ke dalam lingkaran yang berputar kemudian lompat lompat agar terhindar dari tali,bila kena tali yang terkena akan menggantikan salah satu anak yang memegang tali tersebut).
  5. Pongkaan ( dibuat dari tanah liat dibentuk menyerupai bola kemudian dijemur hingga mengeras baru deh diadu, caranya dengan menghantamkan bola kita kelawan siapa yang pecah dia yang kalah).
  6. Lempar kaleng (cari kaleng kemudian disusun satu persatu diatas kaleng dan kaleng siap ditumbangkan dengan lemparan).
  7. Kelereng atau gundu
  8. Petak umpet.
  9. Enggrang
  10. Layang layang.
  11. Gangsing tradisional yang menggunakan tali untuk memainkannya.
  12. Dakon dan masih banyak lagi permainan yang asyik asyik lainnya.Sangat mengasyikan melakukan berbagai permainan diatas, disana kita bisa mendapatkan teman atau mempererat pertemanan, membangun kerja sama kelompok yang baik, dan yang pasti kenangan masa kecil yang susah untuk dilupakan. 
Misal : Bermain petak umpet, sudah tugas pemain untuk bersembunyi sebaik baiknya, alternatif paling baik bahkan sangat baik adalah bersembunyi didalam rumah ( boleh makan dulu, minum dulu atau tidur dulu sebelum melanjutkan permainan, itupun kalau belum bubar..hahahaha) ATAU 

Bermain Layang-layang, apabila layang layang kalian sering putus saat beradu dengan lawan, gunakan trik ini : pakailah benang kasur atau benang untuk shol sepatu, biarkan lawan mendekati layang layang kalian atau kalian yang mendekat kemudian lilit benang layang-layang lawan gaya bebas dan bersiap untuk tarikkkk layang layangmu hingga turun kemudaian kaburrrrrrrrrr. hahahahaa.. yang lebih asyik lagi nungguin layang layang orang putus kemudian kejar sampai dapat tenang kamu tak sendirian karna masih banyak anak anak yang lain mengejarnya dari tiap - tiap gang.hahhaaha.. good luck


Previous
This is the oldest page
Thanks for your comment